Bukan Taktik, Inilah yang Membuat Allegri Jadi Pelatih Hebat

Bukan Taktik

Bukan Taktik – Blaise Matuidi menyampaikan pujian pada pelatihnya di Juventus, Massimiliano Allegri yang merupakan salah satu pelatih tersukses dengan belasan gelar serta gaya melatih yang berbeda dari pelatih-pelatih lainnya. Matuidi percaya Allegri merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia.

Karier kepelatihan Allegri terbilang sukses. Dia mampu membawa Juventus mendominasi Serie A dalam beberapa tahun terakhir. Allegri punya koleksi lima trofi Serie A.

Tak hanya itu, Allegri juga cukup sukses saat masih menangani AC Milan. Saat itulah tawaran dari Juve datang, dan Allegri memutuskan untuk hengkang ke Turin.

Bagaimana kehebatan Allegri sebagai pelatih? Baca penjelasan Matuidi selengkapnya di bawah ini ya, Sport855!

Menurut Matuidi, setiap pelatih pasti berbeda dan memiliki filosofinya masing-masing. Soal Allegri, Matuidi yakin pelatih 51 tahun itu istimewa karena memiliki manajemen manusia yang begitu bagus. Dia bisa dekat dengan para pemain.

Penunjukkan Massimiliano Allegri sebagai pelatih baru Juventus kerap menghadirkan kritik dan cemoohan. Tak sedikit yang memiliki anggapan bahwa dominasi ‘Si Nyonya Besar’ di Serie A akan segera berakhir.

Apalagi setelah Juve tak bisa mengalahkan Lucento dan Cesena pada laga pra-musim pembuka. Kapabilitas Allegri semakin dipertanyakan dengan Bukan Taktik cukup sempurna.

Namun tekanan pada Allegri mulai mereda setelah Bianconeri meraih hasil positif saat menjalani tur Asia. Secara berurutan Juventus mengalahkan Indonesia All Star, Australia All Star, dan Singapura All Star.

Meski sebenarnya hasil tersebut belum menghadirkan rasa optimistis bagi Juventini, ada beberapa hal yang bisa membungkam semua kritik dan cemoohan yang ditujukan pada Allegri.

“Setiap pelatih memiliki filosofinya sendiri, dan Allegri memiliki itu,” kata Matuidi kepada Football Italia.

“Dia sangat bagus dalam manajemen manusia yang merupakan bagian dari pekerjaannya, dia memperlakukan pemain sebagai manusia, pun dia sangat bagus dalam hal taktik.”

Kehebatan Allegri tampak pada caranya memperlakukan skuat Juve yang dipenuhi banyak pemain hebat. Mengelola skuat yang berisikan banyak pemain senior tidaklah mudah, tapi Allegri bisa melakukannya dengan baik.

“Kita semua tahu Juventus memiliki ruang ganti yang dipenuhi pemain-pemain top dan Allegri mampu mengatasi mereka semua.”

“Ketika anda tahu caranya mengelola para jawara, itu berarti anda adalah pelatih hebat,” tandas Matuidi.

Pun demikian, terlepas dari semua itu, masa depan Allegri di Juve dipenuhi tanda tanya karena dia belum juga mampu membawa Si Nyonya Tua meraih trofi Liga Champions.

 

Leave a Reply