Dituding Pakai Doping, Legenda Juventus: Ajax Memalukan!

Sport855.id

Sport855.id – Tudingan bahwa Juventus menggunakan doping pada final Liga Champions 1996 terlontar dari mulut mantan manajer umum Ajax Amsterdam, David Endt. Pernyataan itu lantas memicu reaksi dari legenda Juventus, Alessio Tacchinardi dan Ciro Ferrara.

Endt, yang pernah bekerja di Ajax Amsterdam sejak tahun 1993 silam itu, mengenang kembali bagaimana timnya dikalahkan Juventus pada babak final tersebut. Dengan gamblang, ia mengatakan bahwa klub raksasa Serie A itu menggunakan doping.

“Pada satu masa di Roma, kami bermain melawan tim Juventus yang mungkin menggunakan doping, tak ada yang tahu kebenarannya…,” tutur Endt kepada Radio Kiss Kiss belum lama ini.

Tudingan singkat itu langsung mengundang reaksi, salah satunya datang dari mulut Alessio Tacchinardi. Walaupun tidak turut serta pada pertandingan tersebut, namun ia mengetahui bahwa Bianconeri tidak melakukan apa yang disebut oleh Endt.

“Saya mendengar pernyataan ini dari orang yang, oh sangat terkenal, David Endt dan hanya bisa berkata bahwa dia seharusnya merasa malu. Dasar tidak tahu malu!” tutur Tacchinardi kepada SportMediaset.

“Tim itu bekerja keras sejak hari pertama latihan pra-musim untuk membawa kembali trofi Liga Champions ke Turin dan kami meraih mimpi itu. Saya harap kata-katanya bisa menjadi motivasi bagi pemain kami untuk menyingkirkan Ajax lagi. Memalukan!” tandasnya.

Ferarra, yang menjadi palang pintu serta eksekutor adu penalti, juga turut menyumbangkan kata-katanya. Mantan pelatih Wuhan Zall itu merespon perkataan Endt dengan sedikit berkelakar, menyebut pria berumur 65 tahun itu punya jasa besar untuk Juventus.

“Saya ingin menegaskan bahwa Endt sangat membantu kami dalam kemenangan itu. Beberapa hari sebelum final, Louis van Gaal ditanya soal siapa yang akan menjuarai Liga Champions dan berkata: ‘Saya tak tahu, tapi trofi itu kembali menuju ke pesawat kami’,” cerita Ferrara.

“Sebagai seseorang yang bertanggung jawab dalam komunikasi tim, Endt seharusnya tahu bahwa pernyataan itu telah membuat semangat kami terbakar,” tandasnya.

‘Duel’ di luar lapangan sudah terjadi, padahal laga leg pertama antara kedua tim tersebut baru akan berlangsung pada April mendatang. Untuk pertemuan pertama sendiri bakalan dilangsungkan di markas Ajax, Johan Cruyff Arena.

Leave a Reply