Menang Besar, Bayern Munchen Gusur Dortmund di Klasemen

Dortmund

Dortmund – Bayern Munchen akhirnya mampu menggusur posisi Borussia Dortmund dari puncak klasemen Bundesliga musim 2018/19. Sukses Bayern ke puncak klasemen tidak lepas dari kemenangan telak atas Wolfsburg pada laga pekan ke-25.

Bayern meraih kemenangan dengan enam gol tanpa balas pada laga di Allianz Arena. Robert Lewandowski lagi-lagi menjadi aktor penting bagi Bayern. Bomber asal Polandia sukses mencetak dua gol.

Selain itu, kemenangan Bayern juga berkat penampilan prima Franck Ribery. Pemain gaek, yang kontraknya akan habis pada akhir musim 2018/19 itu, sukses memberikan tiga assist bagi Bayern.

Dortmund sejatinya juga menang di pekan ke-25. Pasukan Lucien Favre meraih tiga poin usai membekuk Stuttgart dengan skor 3-1 di Signal Induna Park. Marco Reus kembali bermain ysai mengalami cedera dan mencetak satu gol.

Hanya saja, kemenangan yang Dortmund tak cukup membuat mereka bertahan di puncak klasemen. Dortmund punya jumlah poin yang sama dengan Bayern, 57 poin. Tapi, Bayern punya selisih gol yang bagus dengan surplus 35. Dotmund punya selisih gol surplus 33 gol.

Persaingan antara Bayern dengan Dortmund dipastikan akan semakin sengit. Sebab, kedua tim masih akan saling berjumpa pada pekan ke-28. Laga Der Klasiker ini akan digelar pada 6 April 2019 di Allianz Arena.

Pesta gol Munchen baru dimulai pada menit ke-34 lewat pembukaan dari Serge Gnabry meski sejak kick off mereka tampil dominan dan agresif atas tamunya.

Berselang 3 menit kemudian Robert Lewandowski menggandakan keunggulan Munchen lewat gol pertamanya di laga tersebut berkat aksi rasional Gnabry yang menyodorkan bola di muka gawang.

Pada menit ke-52, giliran James Rodriguez yang mencatatkan namanya di daftar pencetak gol lewat aksinya menerima umpan kiriman Thiago Alcantara, melakukan dua sentuhan sebelum melesakkan bola ke sudut bawah gawang Wolfsburg.

Wolfsburg sempat mengancam gawang tuan rumah pada menit ke-57 lewat tembakan jarak jauh Maximilian Arnold namun kiper Manuel Neuer mudah menjinakkan bola yang datang.

Lantas Munchen menambah keunggulan mereka menjadi 4 – 0 pada menit ke-76 lewat tembakan sentuhan pertama Thomas Mueller yang menyelesaikan umpan kiriman Franck Ribery.

Unggul empat gol tak membuat mesin Munchen mengendur, mereka menambah gol lagi dalam kurun waktu tiga menit lewat Joshua Kimmich pada menit ke-82 dan Lewandowski pada menit ke-85.

Sementara itu, Borussia Dortmund meraih kemenangan 3 – 1 atas Stuttgart di Stadion Signal Iduna Park Dominasi yang diperlihatkan Dortmund tak membuahkan hasil hingga babak pertama usai sebelum akhirnya kebuntuan terpecahkan lewat titik putih pada menit ke-62.

Berawal dari insiden jatuhnya Jadon Malik Sancho di dalam kotak penalti Wolfsburg oleh Gonzalo Castro, wasit Benjamin Cortus meninjau video asisten wasit (VAR) sebelum menunjuk titik putih.

Marco Reus yang menjadi algojo dengan tenang melesakkan bola ke sudut kiri bawah gawang untuk membuka keunggulan Dortmund.

Namun, euforia keunggulan itu segera diredam oleh tim tamu yang menyamakan kedudukan 9 menit berselang.

Marc-Oliver Kempf sukses membuat publik Signal Iduna Park terdiam saat ia menanduk bola umpan silang kiriman Castro pada menit ke-71.

Beruntung para pemain Dortmund tak terpukul atas gol tersebut dan akhirnya bisa merestorasi keunggulan saat umpan sodoran Christian Pulisic berhasil diselesaikan dengan baik oleh Paco Alcacer untuk membawa tuan rumah kembali unggul 2 – 1 pada menit ke-84.

Pada masa injury time, Pulisic mencatatkan namanya di papan skor dengan menyelesaikan umpan dari Mario Gotze untuk memastikan kemenangan Dortmund menjadi 3 – 1.

Leave a Reply