Jose Mourinho, Pakar ‘Parkir Bus’ yang Kini Sulit Clean Sheet

Sport855.id - Jose Mourinho Pakar 'Parkir Bus'

Sport855.id – Jose Mourinho Pakar ‘Parkir Bus’ yang Kini Sulit Clean Sheet, Jose Mourinho telah memainkan empat laga sebagai manajer Tottenham. Hasil yang diraih cukup bagus, walau sekali kalah. Tetapi, ada catatan merah yakni belum sekalipun Tottenham mampu mencatat clean sheet.

Morinho Disebut Sebagai Parkir Bus Yang Sangat Sulit Clean Sheet

Ada banyak pelatih atau manajer yang lebih dulu dikenal dengan strategi bertahan jitu. Namun, sejak tahun 2000-an, sosok yang lekat dengan cara bermain bertahan adalah Jose Mourinho.

Satu hal yang selalu diidentifikasi dengan Jose Mourinho adalah istilah ‘parkir bus’. Istilah ini merujuk pada taktik bertahan dengan menumpuk pemain di area kotak penalti sendiri layaknya memarkir bus.

Kata Jose Mourinho, Pakar ‘Parkir Bus’ yang Kini Sulit Clean Sheet

Karakter sepak bola bertahan sudah lekat dengan Jose Mourinho bahkan sejak dia melatih di Porto. Dia lantas meneguhkan status ‘pakar’ parkir bus saat menjadi manajer di Chelsea. Begitu juga di klub-klub selanjutnya.

Pertahanan Tottenham Berantakan

Jose Mourinho mulai menjadi manajer di Tottenham sejak tiga pekan lalu. Dia menggantikan peran Mauricio Pochettino. Sudah empat laga dijalani, dengan raihan tiga kali menang dan sekali kalah.

Kekalahan dialami Mourinho ketika dia harus berkunjung ke Old Trafford, melawan klub lamanya Manchester United. Tottenham kalah dengan skor 2-1 pada laga pekan ke-15 Premier League, Kamis (5/12/2019) dini hari WIB.

Dua gol Marcus Rashford ke gawang Paulo Gazzaniga harus menjadi titik perhatian Jose Mourinho dengan serius. Sebab, itu adalah gol ke-8 yang bersarang di gawang Tottenham dalam empat laga sejak Jose Mourinho melatih.

Kebobolan delapan gol, masing-masing laga dua gol, tentu menjadi catatan buruk bagi Jose Mourinho. Sebagai sosok yang lekat dengan citra sepak bola bertahan atau parkir bus, Jose Mourinho harus segera membenahi lini pertahanan Tottenham.

Rindu Hugo Lloris?

Tottenham sebenarnya punya materi pemain yang bagus di lini pertahanan. Ada duet Jan Verthongen dan Toby Alderweireld di posisi bek tengah. Kedua pemain adalah pilar timnas Belgia. Lalu, masih ada Davinson Sanchez, andalan di timnas Kolombia.

Alderweireld dan Sanchez sempat dilirik Mourinho ketika dia masih menjadi manajer United.

Di posisi bek sayap, ada Danny Rose dan Serge Aurier. Lalu, ada pula Kyle Walker-Peters dan Ben Davies sebagai pelapis. Komposisi lini belakang The Lily White harusnya cukup tangguh dengan nama-nama besar di atas.

Akan tetapi, agaknya Jose Mourinho masih merindukan satu sosok penting yakni Hugo Lloris. Kiper asal Prancis mengalami cedera pada awal Oktober lalu. Sejak Lloris cedera, Tottenham menjadi klub yang cukup rentan dibobol lawan.

Sumber: Squawka

Leave a Reply