La Liga Mulai Latihan Minggu Ini Dan Melakukan Pertandingan Pada Bulan Juni

La Liga Mulai Latihan

La Liga Mulai Latihan – ┬áKlub-klub La Liga diizinkan kembali berlatih pekan ini usai mendapatkan persetujuan Kementrian Kesehatan Spanyol perihal kembalinya sesi latihan olahraga. Keputusan ini jelas jadi kabar baik untuk dunia sepak bola.

La Liga Mulai Latihan Dan Telah Mendapat Izin Dari Kementrian Kesehatan Spanyol

 

Betapa tidak, beberapa pekan terakhir sepak bola dihantam kabar buruk. Mulai dari Eredivisie yang dibatalkan total tanpa juara, lalu Ligue 1 yang dihentikan total dan mengangkat PSG jadi juara lebih cepat.

 

Penghentian dua liga itu membuat beberapa liga-liga top lainnya ketar-ketir, termasuk La Liga, Serie A, dan Premier League. Kemarin Serie A mendapatkan lampu hijau untuk menggelar latihan individu, kini giliran La Liga yang menerima kabar baik.

 

Dikutip dari laman resmi La Liga, izin kembali berlatih ini tentu tidak sesederhana yang terdengar. La Liga sendiri telah merancang Return to Training Protocol setelah berdiskusi dengan sejumlah ahli medis.

 

Hasilnya, setiap pemain La Liga baru boleh berlatih usai menempuh tes medis yang bakal disediakan oleh staf klub masing-masing. La Liga sudah lama merencanakan kembalinya latihan ini, tentu dengan protokol yang sudah disepakati dengan RFEF dan lembaga medis.

 

Intinya, mereka baru akan berlatih apabila sudah bisa menjamin keselamatan para pemain dan setiap orang yang terlibat. Protokol ini tidak bisa dipandang remeh, bahkan cenderung ketat.

 

Ada empat fase berbeda dalam protokol tersebut, yang akan ditempuh dalam periode empat pekan. Artinya, masih butuh waktu kurang-lebih sebulan ke depan sebelum pertandingan digelar kembali.

 

La Liga Akan Melakukan Pertandingan Pada Juni 2020

 

Izin berlatih itu pun tidak serta-merta membebaskan pemain berlatih besama. Usai menjalani tes medis, para pemain masih harus berlatih secara individu, meski kali ini sudah boleh melakukannya di fasilitas luar lapangan latihan klub.

 

Intensitas latihan akan ditingkatkan dari pekan ke pekan sampai akhirnya mereka sudah diizinkan menggelar latihan tim sebelum kembali bertanding pada Juni 2020 nanti.

 

Protokol ketat semacam ini memang harus dilakukan. Terlebih, bakal ada beberapa pemain yang kembali ke Barca setelah sebulan terakhir menghabiskan waktu di kampung halaman mereka.Tentu bakal ada tambahan protkol khusus bagi pemain-pemain seperti itu, terlebih apabila mereka datang dari zona merah.

 

Kembalinya La Liga juga bakal jadi pelipur lara bagi publik Spanyol yang benar-benar terpukul berat oleh serangan virus corona. Presiden La Liga, Javier Tebas, optimistis sepak bola bisa jadi obat terbaik.

 

“Krisis ini telah meninggalkan dampak mendalam bagi kita. Kembalinya sepak bola adalah tanda bahwa lingkungan telah melangkah menuju the new normal. Sepak bola juga akan membawa kembali elemen kehidupan yang dicintai warga Spanyol,” ujer Tebas.

 

“Keselamatan banyak orang tetap yang paling utama, jadi kami sudah merancang protokol komprehensif untuk menjaga keselamatan semua orang yang terlibat dalam langkah kami memulai La Liga kembali.”

 

“Ini keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya, tapi kami berharap bisa kembali bermain di bulan Juni dan menuntaskan musim 19/20 pada musim panas nanti,” tandasnya.

Leave a Reply