Louis van Gaal Pensiun dari Sepak Bola

Louis van Gaal

Louis van Gaal – Setelah menggeluti sepak bola selama hampir lima abad sebagai pemain dan pelatih, sosok legendaris Belanda, Louis van Gaal mengumumkan bahwa dirinya telah memutuskan pensiun dari dunia yang membesarkan namanya tersebut.

Van Gaal merupakan sosok yang sudah malang melintang di dunia sepak bola. Kariernya sebagai pelatih dihiasi dengan raihan berbagai trofi bergengsi.

Pekerjaan terakhir yang dilakukan Van Gaal adalah ketika ia menangani raksasa Premier League, Manchester United para periode 2014 hingga 2016 silam. Bersama United, Van Gaal mempersembahkan satu gelar Piala FA.

“Saya seorang pensiunan sekarang. Saya tidak punya ambisi menjadi direktur teknik atau pandit di televisi,” ujar Van Gaal kepada acara televisi Belanda, VTBL.

“Istri saya Truus keluar dari pekerjaannya 22 tahun lalu demi saya. Ketika itu saya bilang akan pensiun sebagai pelatih saat berusia 55 tahun. Kenyataannya saya terus melatih hingga berusia 65 tahun,” imbuhnya.

“Dia berhak untuk memiliki kehidupan dengan saya di luar sepakbola. Sepertinya dia sekarang sangat bahagia,” tukasnya.

Sebagai pelatih, Van Gaal sudah meraih segalanya ketika ia mengawali karier kepelatihan di Ajax Amsterdam. Van Gaal sukses mempersembahkan trofi Eredivisie, Piala UEFA, Liga Champions, hingga Piala Interkontinental bagi klub raksasa Belanda tersebut.

Bersama Barcelona, Van Gaal meraih dua gelar La Liga. Tangan ampuhnya di kompetisi domestik berlanjut ketika ia sukses mengantar AZ Alkmaar meraih juara Eredivisie dan Bayern Munchen menjadi jawara Bundesliga.

Di level internasional, Van Gaal dua kali menangani tim nasional Belanda. Pencapaian terbaiknya adalah ketika membawa De Oranje menjadi juara tiga di pentas Piala Dunia 2014 silam.

Saya seorang pensiunan sekarang. Saya tidak punya ambisi menjadi direktur teknik atau pandit di televisi. Istri saya Truus keluar dari pekerjaannya 22 tahun lalu demi saya. Ketika itu saya bilang akan pensiun sebagai pelatih saat berusia 55 tahun. Kenyataannya saya terus melatih hingga berusia 65 tahun,” tutur Louis van Gaal, mengutip dari Mirror, Selasa (12/3/2019).

“Dia berhak untuk memiliki kehidupan dengan saya di luar sepakbola. Sepertinya dia sekarang sangat bahagia,” imbuh pria bernama lengkap Aloysius Paulus Maria van Gaal tersebut.

Leave a Reply