Mourinho Bongkar Strategi Jitu Miliknya Saat Kalahkan Barcelona

Mourinho Bongkar Strategi Jitu Miliknya Saat Kalahkan Barcelona

Sport855.id – Jose Mourinho pernah merasakan pengalaman berharga, yakni mengalahkan Barcelona. Dan belum lama ini, mantan pelatih Manchester United tersebut membeberkan strategi jitu yang ia terapkan saat menghadapi klub raksasa Spanyol tersebut.

Mourinho berhasil mengalahkan Barcelona saat masih menukangi Inter Milan, tepatnya dalam laga leg pertama semi-final Liga Champions tahun 2010 silam. Pada saat itu, Nerazzurri menang dengan skor 3-1.

Ketiga gol Inter tersebut dicetak oleh Wesley Sneijder, Maicon, dan juga Diego Milito. Sedangkan Barcelona harus puas dengan gol semata wayang Pedro. Sang bintang, Lionel Messi, tidak berkutik dan tak mampu membubuhkan namanya di papan skor pada laga itu.

Sembilan tahun telah terlewati, namun Mourinho masih mengingat jelas bagaimana dirinya bisa mengantar Inter Milan menang atas Barcelona. Bersama The Coaches’ Voice, pria asal Portugal tersebut membeberkan taktiknya.

Prioritas utama Mourinho pada saat itu adalah menutup sisi kanan yang diisi oleh Lionel Messi. Pada saat itu, ia mengetahui bahwa pemain asal Argentina tersebut seringkali melakukan tusukan guna memberikan ruang kepada Dani Alves.

Strateginya, Mourinho menjelaskan bahwa Inter menggunakan sistem zonal yang membuat Messi akan berhadapan dengan gelandang bertahan begitu berhasil melakukan tusukan. “Kami harus kompak dan tidak memberi mereka ruang terlalu banyak,” tutur Mourinho.

Bagian kedua adalah mencetak gol. Mourinho paham pentingnya mencetak gol di Camp Nou. Pria yang juga pernah menukangi Real Madrid tersebut ingin timnya mengeksploitasi sisi kiri yang diisi oleh bek sayap menyerang seperti Dani Alves dan Maxwell.

Beruntung, klub raksasa Italia tersebut memiliki beberapa pemain yang memiliki kecepatan tinggi seperti Samuel Eto’o dan juga Maicon. Benar saja, gol Maicon lahir setelah bek asal Brasil tersebut melakukan overlap dari daerahnya.

“Kami punya beberapa peluang untuk mencetak gol keempat, ketimbang terjebak dalam kesulitan. Kami benar-benar mengontrol permainan,” tandasnya.

Setelah dipecat dari Manchester United, Jose Mourinho masih belum bisa memutuskan klub mana yang akan diasuh olehnya. Namun ia berjanji bakalan kembali melatih pada bulan Juni mendatang.

Leave a Reply