Prestasi Jurgen Klopp Selama Di Bidang Sepak Bola Dunia

Prestasi Jurgen Klopp

Prestasi Jurgen Klopp – Prestasi Jurgen Klopp Keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Inggri 2019-2020 membuat manajer mereka, Jurgen Klopp, mendapat sanjungan dari banyak pihak. Mantan gelandang The Reds, Dietmar Hamann, bahkan menyebut prestasi yang Klopp hadirkan untuk Liverpool tidak tertandingi.

Profil Jurgen Klopp Dalam Dunia Sepak Bola

Setelah pensiun dari bermain sepak bola, Klopp ditunjuk untuk menjadi manajer tim senior FSV Mainz 05. Selama menjabat posisi itu untuk tujuh tahun, kariernya naik turun. Ia berhasil membawa klubnya untuk pertama kali bermain di 1. Bundesliga (Divisi Utama Bundesliga) dan bahkan mencapai kualifikasi 2005–06 UEFA Cup. Namun, akibat banyak pemain unggulan yang hijrah ke klub lain, Mainz 05 harus mengalami relegasi di akhir Bundesliga musim 2006-07. Klopp memutuskan untuk bertahan dan berjanji untuk mengangkat kembali klubnya di musim berikut. Namun, janjinya ini tak terpenuhi sehingga ia mengundurkan diri pada akhir Bundesliga musim 2007-08.

Klub sepak bola Borussia Dortmund pada bulan Mei 2008 menawarkan Klopp untuk menjadi pelatih, yang akhirnya disetujuinya untuk kontrak selama dua tahun. Klopp masuk sebagai pelatih pada situasi sulit karena klub ini berakhir di posisi ke-13 pada musim terakhir di tangan pelatih Thomas Doll. Dalam musim pertamanya sebagai pelatih, Klopp berhasil membawa Borussia Dortmund menjuarai DFB-Supercup 2008, mengalahkan juara Jerman, FC Bayern Muenchen[3]. Di kompetisi liga, Klopp membawa klubnya ke posisi ke-6 dan pada musim berikutnya,bahkan ke posisi ke-5. Namanya semakin berkibar ketika untuk dua musim liga berturut-turut (Bundesliga 2010-11 dan Bundesliga 2011-12).

Prestasi Yang Di Nilai Tak Tertandingi Di Dalam Sepak Bola

Pada 8 Oktober 2015, Klopp resmi menjadi pelatih Liverpool dengan kontrak tiga tahun. Menurut Hamann, saat ini Klopp merupakan pelatih sepakbola terbaik di dunia, melebihi juru taktik Manchester City, Josep Guardiola. Pasalnya, Klopp mampu menciptakan tim juara dari nol. Sedangkan Guardiola sudah langsung mendapat sokongan dana besar sejak awal untuk menjadikan Man City tim yang tangguh. Maka dari itu, Hamann menilai Klopp adalah pelatih yang lebih hebat ketimbang Guardiola. Apalagi, sebelum Klopp ditunjuk sebagai manajer, Liverpool kesulitan untuk bersaing memperebutkan gelar juara. Satu-satunya trofi yang diperoleh The Reds dalam beberapa tahun belakangan sebelum ditangani Klopp hanyalah Piala Liga Inggris.

“Jurgen sekarang harus diakui sebagai manajer terbaik dalam sepakbola. Pep Guardiola adalah pelatih yang luar biasa, tetapi ketika ia pergi ke Man City ia mengambil alih klub yang sudah memenangkan gelar dan piala,” terang Hamann, menyadur dari Goal, Senin (29/6/2020).

“Tentu saja, apa yang telah ia lakukan di City dalam tiga musim terakhir harus diakui. Tetapi Klopp mengambil alih klub yang hanya memenangkan satu Piala Liga Inggris dalam 10 tahun dan ia telah membangun tim secara virtual dari awal,” lanjutnya.

“Itulah mengapa prestasinya tidak tertandingi. Klopp adalah manajer Liverpool pertama yang memenangkan Liga Premier Inggris dan pelatih Jerman pertama yang memenangkannya. Ketika Anda membandingkan skuad yang ia warisi, ia telah benar-benar mengubahnya sepenuhnya,” tandas Hamann.

Leave a Reply