Shin Tae-yong Kembali Melatih Timnas Indonesia U-19 Fisik dan Mental Menjadi Disorot

Shin Tae yong

Sport855.id Shin Tae yong Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Shin Tae-yong kembali memimpin latihan Garuda Nusantara, Sabtu (12/12/2020) siang. Ada dua hal yang langsung disorot pelatih asal pelatih asal Korea Selatan (Korsel).

Pelatih Dari korea Selatan Untuk Melatih Timnas Indonesia U-19

Shin Tae-yong adalah mantan pemain dan manajer sepak bola profesional Korea Selatan yang saat ini menjadi pelatih kepala tim nasional sepak bola Indonesia.Shin memainkan 12 musim di Ilhwa Chunma. Ia memenangkan Pemain Muda Liga K tahun 1992 dan Penghargaan Pencetak Gol Terbanyak Liga K pada tahun 1996. Ia juga memenangkan Kejuaraan Klub Asia pada tahun 1995. Shin memenangkan enam gelar Liga K juga.

Ia juga mendapat julukan ‘Fox of the Ground’ dengan membedakan secara jelas saat mengoper dan menggiring bola dengan permainan yang sensual dan cerdas. Sebagai pemain, dia adalah seorang gelandang serang dan kebanyakan bermain di posisi tengah ofensif. Secara internasional, dia mencetak tiga gol dalam 23 pertandingan untuk Korea Selatan.

Didesain oleh Queensland Roar di A-League Australia pada tahun 2005, ia pensiun karena masalah pergelangan kaki. Dia menerima peran asisten pelatih di klub, membantu Miron Bleiberg terutama dengan keterampilan teknis. Pada 28 Desember 2019, PSSI mengukuhkan penunjukan Shin sebagai pelatih kepala Indonesia, menggantikan Simon McMenemy dan menyerahkan kontrak selama 4 tahun oleh federasi Indonesia.

Shin Tae-yong Kembali Melatih Timnas Indonesia U-19 Fisik dan Mental Menjadi Disorot

Timnas Indonesia U-19 tengah menjalani pemusatan latihan atau training center (TC) di Jakarta. Latihan sudah dimulai sejak 13 November 2020.Namun, sesi latihan tak dipimpin oleh Shin Tae-yong. Skuad Garuda Nusantara melakukan latihan dengan dipimpin tim pelatih Timnas Indonesia U-19. Sementara Shin Tae-yong memantau latihan anak asuhnya secara virtual dari negara asalnya, Korsel.

Tae-yong selama sebulan memantau TC Timnas Indonesia U-19 di Jakarta secara virtual. Saat memimpin langsung, dia langsung menyoroti dua masalah paling besar anak asuhnya.

“Masih banyak yang perlu kami benahi di TC kali ini. Fokus kami bagaimana fisik pemain harus ditingkatkan,” kata Shin Tae-yong mengutip laman PSSI.

“Selain itu meningkatkan mental mereka dan memperbaiki performa pemain,” tambahnya.

Pada latihan hari ini, David Maulana dan kawan-kawan diberikan materi internal game di Lapangan D (Panahan), Senayan, Jakarta. Sebanyak 33 pemain dibagi dalam dua tim yakni tim yang berjersey bewarna biru dan ungu. Pada internal game ini, para pemain menunjukkan semangat, kerja keras dan tempo permainan yang tinggi. Bahkan beberapa kali terjadi benturan antar pemain dan kram yang mengakibatkan mereka harus ditangani tim medis di pinggir lapangan.

Garuda Nusantara TC di Jakarta sejak Jumat (13/11/2020) lalu. TC sebagai persiapan Timnas U-19 hingga keberangkatan TC selanjutnya di luar negeri.

TC Timnas U-19 ini sebagai persiapan menghadapi ajang Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Sumber : bola.okezone.com

Leave a Reply