Takumi Minamino, Berkualitas Atau Hanya ‘Penjual Jersey’ Liverpool Saja?

Sport855.id - Takumi Minamino Berkualitas Atau Hanya 'Penjual Jersey' Liverpool Saja?

Sport855.idTakumi Minamino Berkualitas Atau Hanya ‘Penjual Jersey’ Liverpool Saja?, Belakangan ini, Liverpool kerap dikaitkan dengan pemain fenomenal yang berasal dari Jepang. Sosok tersebut bernama Takumi Minamino, yang sekarang memperkuat RB Salzburg.

Berkualitas Atau Hanya ‘Penjual Jersey’ Liverpool Saja?

Rumor itu mencuat beberapa hari pasca Liverpool menuai kemenangan atas RB Salzburg dengan skor 2-0. Pertemuan antara kedua tim itu sendiri terjadi di laga terakhir fase grup Liga Champions hari Rabu (12/11/2019).

Minamino, yang bermain sebagai gelandang serang, tidak bisa berbuat apa-apa menghadapi benteng kokoh Liverpool yang digawangi Virgil van Dijk dan Dejan Lovren. Dan kekalahan itu membuat Salzburg harus terlempar ke Liga Europa.

Takumi Minamino, Berkualitas Atau Hanya ‘Penjual Jersey’ Liverpool Saja?

Sementara Liverpool dipastikan melaju ke babak 16 besar Liga Champions. Mereka dinobatkan sebagai juara Grup E setelah berhasil memuncaki klasemen dengan raihan 13 poin, unggul satu angka dari sang runner-up, Napoli.

Kasus Kagawa Terulang?

Kendati tak mencetak gol, namun penampilan Minamino dilaporkan membuat Liverpool kepincut. Sang juara bertahan Liga Champions itu diyakini ingin merekrutnya pada bursa transfer musim dingin nanti.

Namun apakah Minamino akan direkrut karena memiliki potensi, atau hanya sekadar ‘penjual jersey’ di Benua Asia terkhususnya Jepang? Seperti yang pernah terjadi dalam kasus Manchester United dan Shinji Kagawa.

“Kami tidak membeli pemain untuk menjual seragam. Kami bergantung kepada 25 pemain dan semuanya adalah bintang yang besar.” ujar direktur komersil MU, Richard Arnold, saat Kagawa datang dari Borussia Dortmund di tahun 2012 lalu.

Meskipun demikian, kedatangan Kagawa di Old Trafford disambut dengan histeris di Jepang. Dengan cepat, sosok yang sekarang memperkuat Real Zaragoza itu langsung jadi pemain terpopuler di negara kelahirannya.

Tanpa perlu diragukan lagi, Manchester United mendulang keuntungan besar dari kedatangannya dari segi popularitas di Jepang. Dan tentu saja, itu berdampak manis pada penjualan seragam di negara raksasa Asia tersebut.

Bisa Menggeser Trio Liverpool?

Apakah Minamino akan mengalami hal yang sama dengan Kagawa jika pindah ke Liverpool? Kemungkinan itu ada. Hampir serupa dengan Kagawa saat di Dortmund, Minamino juga merupakan salah satu pemain andalan Salzburg saat ini.

Pemain berumur 24 tahun itu berhasil mencetak gol ke gawang Liverpool dalam pertemuan pertama fase grup Liga Champions yang digelar di Anfield. Lalu membobol gawang Genk pada akhir bulan November lalu.

Minamino pun cukup populer di Jepang saat ini. Tetapi, apakah dirinya bisa menjadi tambahan daya bagi lini serang Liverpool yang sudah sangat kuat saat ini?

Kemungkinan besar, dirinya akan sulit untuk menyaingi trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino yang sudah klop. Bahkan sosok seperti Xherdan Shaqiri serta Divock Origi pun kesulitan untuk menggesernya.

Jadi, apakah Minamino bisa menjadi pemain penting bagi Liverpool? Atau hanya untuk menambah pamor dan juga meningkatkan penjualan jersey di Jepang saja? Bolaneters boleh menyumbangkan opininya di kolom komentar, ya.

(Liverpool Echo)

Leave a Reply