Valverde Yakin Xavi Bakal Latih Barcelona di Masa Depan

Valverde Yakin Xavi

Sport855.id – Entrenador Barcelona, Ernesto Valverde percaya bahwa Xavi memiliki kemampuan untuk menangani skuat Blaugrana di masa yang akan datang.

Xavi yang merupakan legenda Barca baru saja mengumumkan rencananya untuk gantung sepatu alias pensiun sebagai pemain pada akhir musim nanti.

Gelandang flamboyan yang kini memperkuat klub Qatar, Al Sadd itu juga mengungkapkan ambisinya untuk menjadi pelatih usai pensiun nanti.

Valverde Yakin Xavi Berbicara dalam sesi konferensi pers jelang laga melawan Celta Vigo akhir pekan ini, Valverde pun mengutarakan keyakinan dirinya bahwa Xavi akan menjadi entrenador Barca di masa depan.

“Saya tak tahu apakah dia adalah pemain terbaik, tapi dia salah satu yang terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepak bola,” ujar Valverde seperti dikutip Marca.

“Saya rasa semua orang berharap Xavi akan menjadi pelatih dan dia memiliki profil untuk menjadi pelatih di Barcelona atau di tim mana pun,” imbuhnya.

Valverde Yakin Xavi tampaknya memang bakal sangat cocok untuk melatih Barca. Pasalnya, sosok 39 tahun itu menyebut dirinya akan menggunakan filosofi Johan Cruyff dan La Masia ketika nantinya menjadi pelatih.

“Filosofi saya sebagai pelatih mencerminkan gaya yang kami kembangkan selama bertahun-tahun di bawah pengaruh Johan Cruyff dan dari La Masia dan contoh utamanya adalah dalam cara main Barcelona,” tutur Xavi.

“Saya suka melihat tim yang mengambil inisiatif di lapangan, sepakbola menyerang, dan kembali ke tempat yang kita semua cintai sejak masih muda: sepakbola penguasaan bola,” tukasnya.

Meski demikian, Valverde yakin Barcelona mampu segera keluar dari situasi sulit ini.

Dia pun optimistis raksasa Catalan itu mampu menampilkan performa terbaik saat menghadapi Olympique Lyon pada babak 16 besar Liga Champions, tengah pekan nanti.

“Kadang-kadang Anda tidak akan menjadi brilian pada setiap pertandingan, tetapi ada empat pertandingan penting yang harus kami hadapi,” tutur pelatih yang baru saja mendapatkan kontrak anyar dengan Barcelona itu.

Valverde Yakin Xavi mengakui timnya kesulitan menguasai permainan pada babak pertama pertandingan.

“Pada babak pertama, kami memiliki sangat sedikit pola serangan dan tidak menggerakkan bola dengan baik,” kata Valverde kepada Marca yang dilansir oleh Sport855.id.

“Lawan mengubah sistem dan kami mengalami kendala karena tidak dapat mengatur aliran bola dengan cepat. Saya harus akui penjaga gawang mereka tampil sangat baik,” ujar Valverde menambahkan, Berita Bola Terbaru.

Leave a Reply